Halo semuanya. Kali ini saya akan sedikit membahas sebuah tempat di pusat kota Jakarta yang cukup nyaman untuk ber-akhir pekan. Bisa untuk keluarga, dengan teman-teman, maupun sendirian ๐Ÿ˜. Yap, nama tempatnya adalah Perpustakaan Cikini yang berada di kawasan Cikini, lebih tepatnya di dekat Planetarium TIM (Taman Ismail Marzuki). Check lokasinya di sini ๐Ÿ‘‡๐Ÿป

Cara Menuju Lokasi

Lokasi perpustakaan ini menurut saya sangat strategis dan mudah dicapai menggunakan transportasi umum maupun kendaraan pribadi. Untuk transportasi umum, kita dapat menggunakan KRL dan turun di stasiun Cikini. Kemudian dari stasiun, kita dapat berjalan kaki menuju lokasi Taman Ismail Marzuki, atau bisa juga naik ojek online (bagi yang males jalan hahaha). Jarak dari stasiun ke lokasi menurut saya masih tergolong dekat, sekitar 1,1 km.

Nah bagi yang ingin menggunakan bus transjakarta ataupun jaklingko, kalian bisa cek sendiri di google maps ya, karena tergantung dari lokasi masing-masing hehehe. Berhubung saya ke sana naik motor, jadi untuk lokasi parkirnya kita bisa parkir di basement. Caranya adalah, ketika kalian dari arah Tugu Tani, maju sedikit hingga ada jalan masuk ke kiri untuk ke parkiran resmi dari TIM. FYI parkiran ini menggunakan skema hitungan per jam, untuk motor 2000 rupiah dan untuk mobil 5000 di jam pertama, dan 3000 di jam berikutnya. Tapi sebenarnya di depan halaman ada juga parkir liar yang waktu itu harganya 15000 untuk motor. Saran saya lebih baik parkir di basement saja, karena agar kendaraan kita terlindung dari hujan dan panas.

Registrasi dan Reservasi

Nah yang perlu diingat, sebelum ke sini baiknya kita melakukan registrasi dan reservasi dulu. Untuk registrasi, kalian cukup membuat akun di https://perpustakaan.jakarta.go.id/. Masukkan data diri dan dalam waktu singkat akun kalian sudah jadi. Kemudian apabila ingin berkunjung kita tinggal melakukan reservasi, karena kunjungan di sini dibatasi oleh kuota per hari. Untuk reservasinya bisa langsung ke sini https://kios-perpustakaan.jakarta.go.id/ atau klik saja di Tab “Reservasi Kunjungan” dan kemudian kalian tinggal isi tanggal kunjungan deh. Setelah itu kalian akan mendapatkan QR Code yang nantinya akan digunakan di perpustakaan untuk dapat masuk.

Berkunjung ke Perpustakaan

Setelah kalian sudah selesai reservasi dan sudah tiba di lokasi, kalian tinggal menuju ke gedung Ali Sadikin. Di gedung inilah letak perpustakaan nya. Kalian tinggal cari saja bangunan yang memiliki patung di depannya seperti di foto ini. Oiya di sini juga ada outlet Kopi Kenangan, bagi kalian yang mau sarapan atau ngopi-ngopi dulu sebelum masuk bisa banget nih.

Nah setelah kalian menaiki tangga tersebut, kalian tinggal maju sedikit dan di arah kiri ada eskalator untuk menuju ke atas. Setelah menaiki eskalator, kalian akan disambut oleh petugas perpustakaan ini dan tinggal masuk deh. Jangan lupa siapkan QR code reservasi yang tadi, dan scan QR code tersebut ke alat yang sudah disediakan.

Di perpustakaan ini ada peraturan dilarang membawa tas ke dalam ruang perpustakaan, jadi kalian harus menitipkan barang kalian di loker yang sudah disediakan. Selain itu nantinya kalian juga akan dipinjami tas khusus untuk membawa barang bawaan kalian ke dalam.

Setelah semua beres, sekarang saatnya naik lagi ke atas melalui eskalator untuk menuju ke bagian utama perpustakaan. Setibanya di atas, kalian akan langsung melihat pemandangan yang sering berseliweran di medsos nih. Ya, memang perpustakaan ini sangat viral dan iconic sekali karena suasananya yang cozy dan kekinian.

Area Perpustakaan

Di sini terdapat 3 lantai untuk bagian perpustakaannya. Di setiap lantainya memiliki koleksi buku yang berbeda-beda. Untuk di lantai pertama bagian depan, kalian bisa temukan buku-buku sastra dan novel. Ada juga buku umum seperti tentang kesehatan, resep masakan, desain arsitektur rumah, dan sebagainya. Jika kalian masuk lebih dalam, di bagian belakang ada koleksi buku untuk anak-anak dan ada space khusus untuk membaca bagi anak-anak. Bagi kalian yang udah berkeluarga, bisa banget untuk berkunjung ke sini.

Kemudian kita lanjutkan pembahasan untuk lantai 2. Jadi di lantai ini berisi buku-buku pelajaran/kuliah sih. Jadi ketika kalian ke bagian ini bakal banyak nemuin para mahasiswa yang lagi ngerjain tugas ataupun sekedar keliling untuk mencari buku. Oiya, jadi di samping tangga ketika kalian naik kalian bakal menemukan rak buku yang isinya adalah koleksi sejarah kota Jakarta dan kebudayaan. Selain itu di sana juga ada tempat lesehan untuk kalian gunakan untuk membaca buku. Di lantai 2 ini juga ada area meja yang digunakan juga untuk pengunjung membaca buku ataupun membuka laptop. Kebetulan saya tidak sempat mengambil foto untuk bagian ini.

Lanjut untuk di bagian lantai 3 ini berisi buku-buku internasional dan juga buku tentang hukum, sejarah, keagamaan. Rata-rata buku di lantai ini cukup besar dan tebal. Di area ini juga ada meja tapi tidak banyak. Oiya, di lantai ini pula terdapat musholla untuk pria, sedangkan untuk wanita ada di lantai 2.

Penutup

Sepertinya begitu saja untuk postingan kali ini. Oiya, sedikit saran bagi kalian yang ingin berkunjung ke sini. Lebih baik datang dari pagi sekitar jam 8 atau jam 9 karena di sini selalu ramai, terutama ketika weekend. Dengan datang pagi kalian bisa kebagian tempat duduk untuk sekedar membaca buku atau bekerja dengan laptop. Karena sejauh saya ke sini, seringkali kesulitan mencari tempat duduk dan kalau semakin siang menjelang sore, sudah ramai orang-orang yang akhirnya duduk di lantai dan di samping rak buku.

Oke, semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian yang ingin berkunjung ke sini. Terima kasih ๐Ÿ˜

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *