Halo semuanya, kali ini saya sedang ada di Jakarta dan akan berolahraga di hari Minggu yang cerah ini. Karena beberapa hari yang lalu habis bakar-bakar sate daging qurban, hari ini saatnya membakar kalori ๐Ÿ˜

Di Jakarta ini banyak tempat yang bisa dikunjungi untuk olahraga, salah satunya GBK a.k.a Gelora Bung Karno. Tempat ini merupakan kawasan yang memang ditujukan untuk berolahraga dan ada beberapa gedung olahraga, salah satu yang terkenal adalah Istora Senayan, yang sering digunakan untuk menggelar laga badminton

Saya berangkat dari kos sekitar pukul 6.05 pagi. Rencananya sih mau berangkat 5.30, tapi banyak faktor ๐Ÿ˜. Singkat cerita saya tiba di GBK 30 menit setelahnya. Ketika memasuki pintu Utara, dan berniat menuju ke parkir motor Aquatic Center. Tetapi entah kenapa jalan nya ditutup dengan cone dan diarahkan lurus, sehingga saya parkir di gedung parkir yang berada di seberang Aquatic Center.

Area parkir motor yang saya tempati bisa dibilang tidak terlalu besar apabila dibandingkan area Aquatic Center (atau saya yang memang ngga tau ya? ๐Ÿ˜‚).

Area Parkir

Tapi yang perlu kalian ketahui, ketika berniat ingin ke GBK ini sebaiknya berangkat pagi karena area parkir cepat sekali penuh. Apalagi semenjak pandemi covid 19 dan PPKM berakhir, semakin banyak warga yang berolahraga di sini. Oh iya, jangan lupa untuk sediakan kartu prepaid seperti e-money, brizzi, flazz, dan sejenisnya, karena parkir di sini cashless.

Rute Lari

Setelah parkir, saya langsung berjalan menuju ke rute lari yang berada di luar area stadion. Setibanya di gerbang, ternyata belum bisa masuk karena sedang dibersihkan setelah acara peringatan hari Bhayangkara yang bertepatan di hari sabtu 1 Juli 2023. Kira-kira seperti ini kondisinya

Sangat banyak sampah yang berserakan, dan kebanyakan adalah bekas bungkus makanan (nasi kotak), yah jadinya terpaksa harus mencari rute lain, karena di trotoar luar pagar tidak memungkinkan untuk melakukan jogging ๐Ÿ˜.

Lari di taman kota

Akhirnya saya memutuskan untuk jogging di taman kota. Track ini terletak di dekat Gerbang C, jika dilihat dari google maps nama titiknya adalah Taman Kota GBK. Tempat ini tidak terlalu ramai, dan suasana nya juga masih enak untuk jogging. Terdapat 2 area, yaitu area pepohonan dan area taman. Di area pepohonan ini lumayan banyak nyamuk, jadi bagi kalian yang ber-golongan darah O seperti saya, siap-siap aja ya ๐Ÿ˜‚.

Sebelum lari, tentunya saya pemanasan dulu, tapi di area taman yang lebih terbuka hehehe. Setelah pemanasan, saya langsung lari di jalur yang terluar. Satu putaran sekitar 700m, dan saya lari sekitar 3 putaran tanpa henti. Lumayan lah, daripada nggak lari sama sekali hehehe.

Suasananya cukup enak, dan karena jauh dari jalanan, udaranya juga lumayan enak untuk dihirup

Taman Kota GBK

Setelah lelah jogging, saya berjalan menuju ke taman Ampitheater GBK. Letaknya di sebelah Hutan kota Plataran. Di sini banyak anak kecil dan keluarga yang bermain. Area ini dipenuhi rumput hijau dan juga tempat duduk yang berada di bukit. Di kejauhan juga ada jembatan dengan kolam ikan koi di bawahnya. Pokoknya cocok banget untuk mengajak keluarga ke sini.

CFD Jalan Jendral Sudirman

Setelah beristirahat sejenak, saya ingin mencari makanan dan minuman, tapi saya memutuskan untuk keluar menuju ke jalan Sudirman yang pada hari ini juga diadakan Car Free Day. Ternyata di hari ini sedang diadakan juga event lari oleh LPS dan Kompas, sehingga ramai pelari yang melewati jalan ini. CFD ini berlangsung hingga pukul 11 siang. CFD di jakarta ini digelar sepanjang Jalan Sudirman, dari bundaran HI hingga bundaran patung pemuda. Karena suasana pagi ini cerah, jadi banyak orang – orang yang berada di CFD ini.

Kulineran di FX Sudirman Mall

Setelah berjalan lumayan jauh, akhirnya sampai juga di jalan sebelah FX Sudirman Mall. Jalanan ini ditutup karena diadakan berbagai stand makanan dan minuman bagi para pengunjung CFD. Pilihan kulinernya cukup banyak, seperti Pecel, Lontong Sayur, Jeruk Peras, dan lain-lain. Saya berniat keliling-keliling di kawasan ini sekaligus membeli air mineral. Setelah selesai berkeliling, saya memutuskan untuk kembali ke parkiran motor dan beranjak pulang. Perjalanan dari FX Sudirman ke tempat parkir cukup melelahkan karena saya berjalan kaki. Tapi gapapa lah, sekalian bakar kalori hehehe ๐Ÿ˜

Ya, jadi seperti itu lah kira-kira kondisi GBK di 1 Juli 2023 ini. Saran saya ketika ke sini, kalau bisa membawa air minum sendiri, dan tas kecil untuk membawa barang bawaan pribadi. Selain itu jangan lupa juga membawa e-money, dan pastinya berangkat pagi-pagi yaa.
Oke, sekian dari saya, terima kasih sudah membaca ๐Ÿ˜

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *