Halo kawan-kawan ๐Ÿ˜ gimana nih kabarnya?

Kali ini saya ingin membahas sejarah peradaban dunia yang menurut saya ini menakjubkan, yaitu Bangsa Sumeria. Apakah kalian pernah mendengar tentang bangsa ini? Peradaban ini telah ada ribuan tahun lalu dan bermukim di antara sungai Eufrat dan Tigris yang sekarang ini menjadi wilayah Iraq selatan. Saking maju nya perkembangan teknologi di peradaban ini, sejarawan bernama Samuel Noah Kramer menuliskan “Penduduk Sumer memiliki bakat yang tidak lazim terkait penemuan teknologi nya”

Di daerah yang kemudian disebut oleh orang Yunani disebut Mesopotamia, bangsa Sumeria mampu menemukan teknologi baru yang menyempurnakan penggunaan teknologi yang sudah ada dalam skala besar. Dalam prosesnya, mereka mengubah cara manusia mengolah makanan, membangun tempat tinggal, berkomunikasi, dan melacak informasi dan waktu.

Kemampuan bangsa Sumeria ini secara tidak langsung disebabkan oleh keterbatasan sumber daya alam di tanah mereka. Oleh karena itu mereka terpaksa untuk memanfaatkan bahan-bahan yang ada seperti tanah liat secara cerdik. Mereka memanfaatkannya untuk membuat segala sesuatu seperti batu bata, tembikar, hingga tablet untuk menulis

Inovasi bangsa Sumeria menyebar secara bertahap dan menuntun ke pengembangan teknologi modern seperti yang ada di jaman kita sekarang ini. Berikut ini adalah penemuan-penemuan mereka

Produksi Massal Tembikar

Bangsa kuno lain membuat tembikar menggunakan tangan, namun bangsa Sumeria adalah yang pertama membuat roda berputar. Perangkat ini cukup membantu untuk produksi massal tembikar. Hal ini juga memungkinkan mereka menghasilkan sejumlah besar barang seperti wadah makanan yang menjadi cikal bakal Tupperware.

Sistem Penulisan

Jones berkata bahwa kemungkinan besar, meskipun tidak 100%, bangsa Sumeria adalah orang pertama yang mengembangkan sistem penulisan. Yang jelas, mereka sudah menggunakan komunikasi tertulis sejak tahun 2800 SM. Namun sistem penulisan itu tidak digunakan untuk menulis literatur, melainkan untuk mencatat barang yang mereka jual dan buat.

Bangsa Sumeria menuliskannya dengan sistem piktograf, dimana berisikan gambar dari objek. Pada akhirnya mereka mulai menggabungkan piktograf untuk mengekspresikan ide dan tindakan. Piktograf berkembang menjadi simbol yang melambangkan kata dan suara.

Para juru tulis menggunakan alang-alang yang sudah diasah untuk menggoreskan simbol-simbol ke tanah liat yang masih basah, yang kemudian dikeringkan untuk membentuk tablet. Sistem penulisan tersebut kemudian dikenal sebagai aksara paku / cuneiform.

Hydraulic Engineering

Bangsa sumeria menemukan cara untuk mengumpulkan dan menyalurkan luapan air dari sungai Eufrat dan Tigris. Aliran itu digunakan untuk mengairi dan menyuburkan ladang pertaniah mereka. Mereka merancang sistem kanal yang rumit, dengan bendungan yang dibangun dari alang-alang, batang palem, dan lumpur yang pintu gerbangnya dapat dibuka-tutup untuk mengatur aliran air.

Kereta Roda Dua

Bangsa Sumeria tidak menemukan kendaraan beroda, namun mereka mungkin mengembangkan kereta roda dua pertama yang pengemudinya mengendarai sekelompok hewan. Goodman mengatakan bahwa terdapat bukti bahwa bangsa Sumeria memiliki kereta semacam itu untuk transportasi pada tahun 3000an SM. Kemungkinan kendaraan itu digunakan untuk upacara atau militer, bukan sebagai sarana transportasi pedesaan, karena medan yang berat akan menyulitkan perjalanan.

Alat Bajak

Menurut Kramer, bangsa Sumeria menemukan alat bajak, sebuah teknologi penting dalam pertaniah. Mereka bahkan membuat manual yang memberikan petunjuk rinci kepada petani tentang cara menggunakan berbagai jenis bajak. Dan mereka juga memberi tahu doa yang harus dibacakan untuk memberi penghormatan kepada Ninkilim, dewi dari hewan pengerat, untuk melindungi biji-bijian agar tidak dimakan.

Nah mungkin segitu dulu untuk daftar penemuan bangsa Sumeria, untuk kelanjutannya akan saya tuliskan di Part 2. Jadi, tunggu postingan selanjutnya yaa… ๐Ÿ˜Š
Terima kasih sudah berkunjung.

2 thoughts on “Penemuan Bangsa Sumeria yang Merubah Dunia – Part 1”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *