photo of person riding road bikePhoto by LEONARDO VAZQUEZ on <a href="https://www.pexels.com/photo/photo-of-person-riding-road-bike-2807963/" rel="nofollow">Pexels.com</a>

Hey yo, selamat pagi guys. Kamu ingin mulai gowes? Tapi masih bingung tentang apa yang harus disiapkan? Jadi sekarang saya bakal kasih info ke kamu tentang bersepeda dan persiapan apa aja yang kamu butuhkan. Sebelum itu saya bakalan jabarin sedikit tentang manfaat dari cycling nih. So, check this out!

  1. Bebas Polusi

Sudah tentu yang namanya bersepeda itu bebas polusi. Dengan bersepeda ke tempat kerja maupun kuliah, kita sudah berhasil mengurangi setidaknya 1 kendaraan bermotor di jalanan. Tau gak sih? Bahkan di negara maju kebanyakan masyarakatnya lebih memilih menggunakan sepeda atau berjalan kaki untuk bepergian. Tentunya udara sekitar jadi lebih segar dan nyaman.

  1. Sehat

Bersepeda merupakan olahraga yang paling mudah untuk dilkan. Olahraga ini mampu membuat badan menjadi lebih sehat terutama di bagian betis :v. Pingin tampil lebih atletis kan? Terutama yang laki-laki nih, hehe. So, tunggu apa lagi? Kuy gowes

  1. Murah

Murah? Kenapa murah? Ya karena kamu gak perlu ngisi bensin (yakali). Selain itu misalkan kamu pergi ke tempat wisata atau alun – alun , kamu gak perlu bayar parkir alias gratis. Tapi ingat, biar gak ilang pas diparkiran, jangan lupa dikunci.

  1. No macet

Nah ini nih favorit saya. Enaknya naik sepeda tuh pas macet kita bisa terus jalan. Pas bener-bener gak bisa jalan, kita masih bisa turun untuk menuntun sepeda. Pas macet kita masih bisa lewat celah celah sempit yang hanya muat oleh sepeda. Jadi gak usah khawatir telat J

Sekarang mari kita masuk ke inti pembahasan. Persiapan apa saja sih yang kamu butuhkan?

  • Niat

Ini nih persiapan yang paling penting. Kita harus punya niat dan tekad yang kuat. Kamu harus tahu apa yang menjadi alasan atau yang memotivasi kamu untuk mulai bersepeda. Ingin terlihat keren? Ingin sehat? Apapun alasannya kamu harus yakin ke diri sendiri kalo kamu pasti bisa mengubah bersepeda jadi sebuah kebiasaan baru.

  • Sepeda (Ya pasti lah)

Nah, sebelumnya kita harus ngerti dulu nih jenis – jenis dari sepeda. Baiklah, langsung saja:

1.Mountain Bike

Nah, tahu kan MTB atau Mountain Bike? Yup, ini merupakan jenis sepeda yang didesain khusus untuk di medan yang terjal, kalo istilahnya tuh offroad. Jenis sepeda ini sering digunakan untuk bersepeda di pegunungan atau lintas alam.

Yang saya tahu, jenis MTB dibagi lagi jadi 2 yaitu Downhill dan Cross Country. Untuk jenis Downhill, sepeda ini biasanya digunakan untuk mendaki maupun menuruni bukit. Dan tentunya jenis sepeda ini bisa dinaiki di medan yang ekstrim namun tetap nyaman karena memiliki suspensi di tengah frame. Selanjutnya untuk yang  jenis Cross Country setahu saya digunakan untuk touring antar kota dan mampu melewati beragam jenis jalanan seperti aspal, tanah, maupun bebatuan. Sepeda ini didesain sedemikian rupa sehingga dapat tetap nyaman meskipun perjalanan jauh.

big_23c25284-2810-415d-8bcc-e6bebdb536fc

2. Road Bike

Untuk road bike, sepeda ini biasanya digunakan di berbagai balapan sepeda. Perbedaan yang paling mencolok dari jenis sepeda yang lain adalah sepeda ini memiliki ban yang tipis sehingga mampu melaju dengan sangat kencang. Sepeda ini juga khusus digunakan di jalan yang rata seperti aspal, sehingga sangat tidak cocok apabila digunakan untuk offroad atau gowes ke pegunungan.

M Synapse SM Disc Ult 3 C,C12246M,C12246M1056,CRB,56,

3. City Bike/ Urban Bike

Nah, untuk jenis terakhir ini adalah jenis sepeda yang paling umum di pasaran. Urban bike terbagi lagi ke beberapa jenis seperti sepeda tandem, sepeda lipat, sepeda hybrid. Urban bike memang didesain untuk penggunaan dalam kota. Menurut saya yang paling banyak penggunanya adalah jenis sepeda hybrid. Sepeda ini merupakan gabungan atau kombinasi dari road bike dengan MTB. Sepeda ini sangan nyaman dan kuat apabila sekedar digunakan untuk bike to work atau bike to campus. Sepeda hybrid juga sangat terjangkau untuk dibeli. Memang jika sekilas dilihat, sepeda ini mirip dengan MTB, namun yang membedakan adalah diameter pada velg nya dengan ukuran 700c sehingga sepeda ini dapat melaju dengan kencang.

download

Nah, itulah jenis-jenis sepeda. Kalian bisa membeli sepeda menurut kebutuhan kalian ya. Kalo pingin ke gunung ya beli nya yang MTB (jangan pake fixie, please jangan). Kalo hanya untuk berangkat kerja atau ngampus saya sarankan pake sepeda tipe hybrid saja, karena dapat melaju kencang dan nyaman (dan murah).

  • Aksesoris penting

Selanjutnya yang tak kalah penting adalah aksesoris sepeda. Saya akan jabarkan apa saja aksesoris yang esensial untuk bersepeda sehingga kamu dapat ber”gowes” ria dengan nyaman.

  1. Helm

biker-shop_gt-helm-bmx-fly-cool-grey_grey_full01

Benda yang satu ini sangatlah penting dan kamu wajib punya. Kamu pastinya gak ingin kan kenapa-napa di jalanan. Helm digunakan untuk melindungi kepala kita agar saat terjadi sesuatu yang tidak diharapkan, misalkan jatuh, kepala kita masih tetap aman. Untuk harga helm sepeda yang murah sih biasanya di kisaran 150-175 ribu.

  1. Tas

happy-mtb_alpinestars-hydropack-black-tas-sepeda_full01

Tas juga merupakan barang yang penting untuk kamu. Gak mungkin juga kan kantong celana kamu jadi penuh dan menggembung saat lagi gowes. Tas khusus untuk bersepeda dirancang dengan bentuk yang lebih kecil dari tas sekolah dan kita bisa memasukkan benda-benda penting seperti kunci, handphone, dompet, dan lain-lain. Harga tas sepeda ini berkisar 75 – 150 ribu rupiah.

  1. Botol Minum

botol-minum-olahraga-sepeda-discovery-750ml-black-1

Nah, botol minum juga butuh banget nih. Selain untuk menghemat pengeluaran (daripada beli minuman) mendingan kita bawa air sendiri. Air menjadi sangat penting karena kalau sampai dehidrasi bisa gawat banget. Harga botol minum untuk sepeda biasanya sekitar 30 ribu hingga 50 ribu rupiah. Masih terjangkau kan?

  1. Bel Sepeda (Trust me, you need it)

cateye-pb-800-bel-sepeda-1464268446-6560387-3571491f3c2d28431d025b48d2b9cdd0-catalog_233

Bel sepeda juga sangat penting terutama untuk kamu yang biasanya ingin mendahului kendaraan lain. Selain itu, biasanya para pesepeda saling menyapa dengan membunyikan bel mereka (true story).

  1. Toolset

obeng-repair-tool-set-sepeda-ea14-black-15

Toolset ini berupa kunci L dengan berbagai ukuran yang sangat berguna untuk memperbaiki sepeda. Toolset biasanya digunakan untuk setting sadel, setting rem, dan lain-lain. Harga dari alat ini sekitar 50-150 ribu rupiah

  1. Gembok sepeda

Gembok

Yang terakhir ini juga tak kalah penting yakni gembok sepeda. Apabila kita sedang bersepeda sore ke alun-alun biasanya kan ada tempat parkir untuk sepeda tuh. Nah, di sinilah peran dari gembok sepeda, yakni untuk mengamankan sepeda kamu dari pencurian.

Kalo semua sudah siap, sekarang apa?

Tentunya kamu tinggal mulai gowes deh. Eits, namun sebelum itu kamu harus tahu rute dulu, terutama untuk pemula.

  1. Keliling komplek (Beginner)

Untuk kamu yang benar-benar baru memulai hobi bersepeda ini, kamu bisa mulai dengan keliling komplek. Selain tidak terlalu jauh, kalo kita keliling komplek saja tentunya bakalan lebih aman (dan gampang kalo dicari emak :v).

  1. Ke alun-alun / Keliling kota (Medium)

Oke, selanjutnya adalah keliling kota. Kalo kita pingin keliling kota, kita harus siap-siap bawa air ya, karena perjalanannya lumayan melelahkan. Agar lebih nyaman, kita bisa keliling kota pas sore hari karena selain teduh, lalu lintas juga lebih sepi (tergantung kota mu juga sih)

  1. Jelajah alam/ Ke gunung (Advanced)

Nah, selanjutnya yang ketika adalah gowes ke gunung. Tentunya kamu butuh persiapan ekstra untuk yang satu ini. Selain persiapan fisik, kalian harus siap dari segi sepeda dan aksesorisnya (jangan pake BMX). Hal wajib yang harus kamu bawa adalah botol minum (dan isinya), alat tambal ban portable (sudah banyak dijual di pasaran), helm, dan pengaman lutut dan siku. Saya tidak menyarankan untuk kamu yang benar-benar baru di dunia per”gowes”an untuk mencoba jelajah alam ini karena tentunya butuh persiapan yang tidak mudah. Saran dari saya untuk kamu semua adalah, jika ingin ke gunung lebih baik berangkatlah sangat pagi. Perjalanan akan sangat melelahkan, namun percayalah, kamu akan disuguhkan pemandangan yang sangat menakjubkan di atas sana.

  1. Touring antar kota (Insane)

Yang terakhir dan yang paling gila menurut saya adalah touring antar kota. Untuk yang seperti ini, biasanya kamu butuh tas sepeda khusus untuk touring Tas ini sangat berguna untuk membawa baju cadangan dan membawa makanan dalam jumlah besar. Bagi kamu yang masih baru mulai hobi ini jangan sekali-kali langsung mencoba touring antar kota. Persiapan yang amat sangat penting di sini adalah persiapan fisik kalian. Alih-alih sampai ke kota tujuan, bisa-bisa kalian malah tepar di tengah jalan.

Nah itulah sedikit pembahasan untuk kamu yang ingin memulai untuk menekuni hobi gowes atau bersepeda. Kebayang kan kalo semua orang pergi kemana-mana pake sepeda. Pasti udara bakalan lebih segar dan gak ada tuh istilah macet. Sekarang sudah ada semacam komunitas yang bernama “Bike to Work” dan “Bike to Campus” lho. So, tunggu apa lagi? Mulai ambil sepedamu dan kayuh sejauh mungkin. Happy cycling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *