Selamat pagi guys. Kali ini saya akan membahas tentang satu kebiasaan manusia yang jika dibiasakan akan merugikan diri sendiri. Kebiasaan apakah itu? Mari kita bahas.

PROCRASTINATING

6358868049747624001989172413_procrastinate

Apa sih procrastinating itu? Jadi itu bahasa inggrisnya menunda-nunda (biar keren, pake bahasa inggris). Jadi intinya, procrastinating itu adalah kebiasaan menunda-nunda suatu pekerjaan penting dengan melakukan pekerjaan lain yang tidak terlalu penting.

Sebagai contoh, misalkan kamu punya tugas kuliah. Tugas kuliah kamu itu sebenernya mudah untuk dikerjakan. Nah, karena kamu mikir kaya’ gitu, akhirnya kamu ngomong “Ah, nanti aja ngerjainnya, paling 15 menit juga selesai. Sekarang nge-game dulu ah”.

Ini nih yang menjadi penyebab kamu menunda-nunda pekerjaan. Terlalu meremehkan. Bisa jadi kamu main game sampai lupa waktu, dan ketika akan ngerjain tugas ternyata kamu kelabakan dan panik. Dan biasanya ini akan berakhir buruk, misalkan kamu akan terpaksa begadang untuk ngerjain itu semua. Gak pingin nasibmu kaya’ gitu kan?

EFEK BURUK

Nah, tentunya kebiasaan ini akan menimbulkan efek atau dampak yang buruk bagi kamu. Dampaknya apa saja sih? Check this out !

1.Pekerjaan gak selesai

Untuk yang satu ini sudah pasti terjadi. Jika kamu terus-terusan menunda pekerjaan bisa-bisa pekerjaanmu gak bakalan selesai tepat waktu.

Ingat ya, jangan sekali-kali meremehkan pekerjaan/tugas kamu. Meskipun itu tugas yang gampang kerjain aja langsung (kan gampang)

“Nah terus gimana dong kalo tugasnya susah? Jadi males nih” Ya kalo tugasnya susah mending dicicil sedikit-sedikit daripada gak dimulai sama sekali. Lama-lama pasti selesai kok  (lebih cepat lebih baik)

2. Rejeki mampet

Ini merupakan dampak yang disebabkan oleh pekerjaan kamu yang gak selesai. Misalkan kamu di kantor diberi tugas sama bos kamu. Terus ternyata sampai deadline kamu belum selesai. Bisa-bisa gajimu malah dipotong. Gak pingin nasibmu kaya’ gini kan?

3. Kurang dipercayai orang lain

Kelanjutan dari dampak diatas, kalo kamu gak bisa menyelesaikan tugas atau pekerjaan tepat waktu tentunya kamu akan sulit untuk diberi amanah dan dipercaya orang lain. Hal ini sangatlah penting di dunia kerja, karena kalo kamu gak dipercaya atasanmu kamu bakalan sulit naik pangkat. Jangan sampe kaya gini yah !

4. Telat dapet jodoh

Yang terakhir emang konyol sih. Yang namanya jodoh emang sudah diatur oleh Tuhan. Namun bagi kamu yang masih sendiri kayaknya kamu perlu introspeksi diri dulu deh. Bisa jadi kamu sering nunda-nunda pekerjaan, dan kebanyakan orang gak bakalan suka dengan orang yang suka menunda-nunda. Jadi, kuy mulai selesaikan tugasmu.

Gimana? Masih mau terus-terusan menunda-nunda?

Tenang saja, saya bakalan jelasin beberapa cara untuk mengatasinya. Check this out!

Pelajari penyebab nya

Yang pertama kita harus tahu dulu apa yang jadi penyebab kita suka menunda pekerjaan. Bisa jadi karena kita keasyikan nonton TV, main gadget, baca komik, dan lain lain. Kalo kita udah tahu penyebabnya, kita pasti tahu bagaimana agar kita tidak membuang waktu lagi. Sebagai pencegahan, kalo bisa kamu matikan TV mu atau gadget mu sewaktu sedang serius mengerjakan tugas. Jangan sekali-sekali ngerjain tugas sambil nonton Tv, gak bakalan selesai bro.

Visualisasikan dampak untuk kamu

Maksudnya adalah bayangkan apa yang terjadi pada diri kamu semisal tugasmu gak selesai. Dengan membayangkan dampak-dampak tersebut, kamu tentunya akan semakin terpacu dan semangat untuk menyelesaikan tugasmu.

Paksakan diri untuk keluar dari zona nyaman . Just do It !

maxresdefault

Kebanyakan dari kita sering membuang waktu dan menunda-nunda dengan ngelihatin instagram, youtube, dan lain lain. Itu semua terjadi karena kita merasa sudah berada di zona nyaman. Kalo kamu pingin terbebas dari itu ya mau gak mau caranya kamu harus memaksakan diri untuk keluar dari itu. Matikan paket data, kalo perlu matikan gadgetmu.

Ubah kebiasaan

Yang selanjutnya adalah ubah kebiasaan. Yang saya maksudkan disini adalah kamu bisa mengubah kebiasaan membuang waktumu dengan kegiatan lain yang kebih berfaedah. Misalkan kamu lagi nunggu antrian, yang biasanya main instagram mending diubah jadi baca buku. Selain mengisi waktu kosong, kamu juga bakalan nambah ilmu.

Lebih cepat selesai lebih baik

Kamu harus menanamkan prinsip “lebih cepat lebih baik”. Kalo ada PR , cepet-cepet selesaikan sepulang sekolah. Jangan ditunda tunda lagi.

Selain kiat-kiat di atas, masih ada aplikasi dari android kamu yang dapat membantu kamu supaya lebih produktif dan tidak menunda-nunda pekerjaan lagi.

Loop Habit Tracker

unnamed

Aplikasi ini membantu banget untuk kamu agar hidup kamu itu lebih terjadwal. Kamu bisa download aplikasi ini di google play store. Pada intinya kamu harus bisa disiplin terhadap diri sendiri untuk mematuhi jadwal yang kamu buat sendiri.

Clear Lock

unnamed (1)

Aplikasi ini membantu banget untuk kamu yang sudah kecanduan main gadget. Dengan aplikasi ini, kamu bisa mengunci aplikasi kamu yang mengganggu (misalkan : line, whatsapp, instagram, dll) sesuai waktu yang kamu tentukan sendiri. Jadi aplikasi yang kamu kunci tidak akan bisa dibuka sampai batas waktu berakhir. Kamu juga bisa download di google play store tentunya dengan gratis.

Gimana? Udah mulai terbuka pikiran kamu? So, gak banget deh kalo masih menunda-nunda pekerjaan. Mending mulai bertindak dari sekarang. Kalo bukan sekarang kapan lagi?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *